Besok Pelantikan Serentak Kepala Daerah Secara Virtual

26

Beritaindonesiasatu, Medan – Besok rencananya Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi akan melantik sebelas kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020. Pelantikan ini dilakukan secara virtual di masing masing Kabupaten Kota. Kamis (25/2/2021).

Pelantikan nantinya sekaligus pengambilan sumpah jabatan, secara virtual, pada kepala daerah itu akan dilantik oleh Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi dalam dua sesi dari Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Sumut, Irman Oemar, kepala daerah yang bakal dilantik antara lain Walikota Binjai, Walikota Medan, Bupati Serdangbedagai, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga, Humbang Hasundutan, Toba dan Pakpak Bharat.

Dari daerah-daerah tersebut, masa jabatan bupati/wali kotanya telah berakhir pada 17 Februari 2021 lalu. Beberapa di antaranya, bahkan berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil sengketa.

Daerah yang telah berakhir masa jabatannya dan hasil pilkadanya bersengketa di MK antara lain Kota Binjai, Serdangbedagai, Labuhanbatu Utara, Sibolga, Humbang Hasundutan, Toba dan Pakpak Bharat.

Untuk daerah yang jabatan kepala daerah telah selesai dan sengketanya ditolak oleh MK yakni Medan, Asahan, Tanjungbalai dan Tapanuli Selatan.(bas)