Besok Buruh di Sumut Aksi Besar Besaran Tolak Omnibus Law

49

Beritaindonesiasatu, Medan – Akumulasi Kemarahan Buru dan Rakyat Sumatera Utara (Akbar-Sumut) melaksanakan temu press di Lembaga Bantuan Hukum Medan, Jalan Hindu, Rabu (7/10/2020).

Konsolidasi yang dilakukan perwakilan beberapa elemen ini merupakan bentuk penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Koordinator Akbar Sumut, Martin Luis mengatakan, hari ini melaksanakan konferensi Pers terkait penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja.

“Pembahasan ini terkait kebijakan pemerintah yang tidak segan-segan, pengesahan Omnibus Law Rancangan undang-undang cipta kerja menjadi undang-undang pada 5 Oktober lalu. Bagi kami rakyat Sumut, bahwa sikap pemerintah dan DPR RI, bentuk penghianatan terhadap cita-cita revolusi-revolusi di Indonesia,” ujarnya.

Lanjut Martin, bahwa ketika Omnibus Law Cipta Kerja ini disahkan maka akan semakin merugikan rakyat Indonesia.

“Pemerintah hanya untuk menarik investasi. Bahwa Investasi ini akan menghilangkan kemandirian ekonomi Indonesia baik secara politik, nasional maupun internasional. Tentunya ini akan merugikan rakyat Indonesia, buruh, petani dan sektor-sektor lainnya.

Bagaimana bagi kami, ketika ini disahkan, maka di sektor buruh tidak ada lagi jaminan kesejahteraan seperti yang dicita-citakan Undangan-undang 1945,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, ketika ini disahkan maka tidak adalagi kedaulatan rakyat atas penguasaan tanah-tanah adat.

“Maka akan terjadi perampasan-perampasan tanah yang dilakukan oleh investor-investor, pengusaha melalui pemerintah,” bebernya.

Informasi yang berhasil dihimpun Tribun Medan, bahwa pada Kamis (8/10/2020) beberapa aliansi akan melakukan aksi turun ke jalan.

Adapun aliansi yang tergabung di Akbar Sumut yakni, Badan Pejuangan Rakyat Penunggu Indonesia (BPRPI), Konsorsium Pembaruan Agraria Wilayah Sumatera Utara (KPASUMUT)

Buruh Sumut Siap Demo Besar Besaran
Besok Ada Demo Besar-besaran di Kota Medan Tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja
Rabu, 7 Oktober 2020 14:57

Federasi Pejuangan Buruh Indonesia Sumatera Utara (FPBl-SUMUT), Kesatuan Peljuangan Rakyat Sumatera Utara (KPR-SUMUT).

Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB), Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB), Serikat Petani Serdang Bedagai(SPSB).

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Daerah Sumatera Utara (WALHI Sumut), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI) Sumatera Utara.

Eksekutif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokmsi (EW-LMND) Sumatera Utara, Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI MEDAN), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Komisariat Fisip Universitas Dhanna Agung. (tnc/bas)