Beredar Pesan Medan Status PSBB Hoax

89

Beritaindonesiasatu Medan – Beredarnya pesan berantai terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Medan menjadi heboh di media sosial dan di aplikasi whatsapp. Pasalnya, dalam pesan tersebut dikatakan bahwa Kota Medan mulai besok, Sabtu (3/10) akan menerapkan PSBB selama 14 hari hingga Sabtu (17/10) mendatang

Dalam pesan itu juga dituliskan, bahwa, semua tempat wisata dan jalan protokol di Kota Medan serta perbatasan bakal ditutup selama pemberlakuan PSBB tersebut. Di akhir pesan itu masyarakat juga diingatkan agar selalu menjaga diri, dan stay safe.

Akibat adanya pesan berantai ini, banyak diantara masyarakat yang bertanya-tanya apakah Medan benar akan memperlakukan PSBB dan ada juga yang merasa khawatir.

“Tadi, dapat pesan di grup WA bahwa Medan akan PSBB besok. Jadi, khawatir juga kan pesan itu,” kata Adi yang merupakan warga yang berada di Kecamatan Medan Kota, Jumat (2/10).

Terkait informasi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi yang membantah jika Kota Medan akan memperlakukan PSBB. Edwin menuturkan, bahwanya kabar yang menyatakan Medan memberlakukan PSBB adalah hoax.

“Dinas Kesehatan menegaskan isu itu tidak benar. Karena Medan tidak ada penerapan PSBB. Dan informasi itu hoax,” tegasnya.

Edwin menjelaskan bahwa, sampai saat ini Kota Medan dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 masih mengacu pada Perwal No 27 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sejauh ini juga, belum ada peraturan baru lagi yang dikeluarkan oleh Pemko Medan.

“Jadi belum ada peraturan baru lagi. Sumber itu dari mana? Janganlah kita memperkeruh suasana, nggak ada kita memberlakukan PSBB,” pungkasnya.(D’costa)