Beli HP, Pengedar Upal Ditangkap Polisi

66

Beritaindonesiasatu, Medan – Petugas Unit Reskrim Polsek Patumbak Medan Sumatera Utara menangkap seorang pria yang kedapatan hendak mengedarkan uang palsu. Pelaku mencetak uang sendiri dengan bermodalkan satu unit printer. Selasa (1/11/2020)

Pelaku inisial BH ditangkap petugas di Jalan Garu Medan saat hendak membeli satu handphone dengan menggunakan uang palsu, Senin malam.

BH ditangkap setelah korbannya curiga karena uang yang digunakan memiliki nomer seri yang seluruhnya sama. Dari kecurigaan tersebut korban kemudian melaporkan hal ini ke polisi yang kemudian menangkap pelaku.

Kapolsek Patumbak Kompol Arfin Fachreza menegaskan ketika ditangkap saat hendak membeli handphone pihaknya menyita uang pecahan Rp100 ribu palsu sebanyak 19 lembar.

Namun dari hasil pengembangan yang dilakukan petugas pihak kepolisian kembali menemukan uang pecahan Rp100 ribu palsu sebanyak 17 lembar dari kediaman pelaku.

Uang palsu yang disita dari tangan pelaku diproduksi oleh pelaku seorang diri hanya dengan bermodalkan satu unit printer komputer dan beberapa lembar kertas polos.

Pihak kepolisian saat ini masih mendalami kasus ini/ guna memastikan apakah pelaku memiliki jaringan atau tidak. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku saat ini terancam akan dipenjara selama 15 tahun karena dijerat dengan undang – undang nomer 7 tahun 2011 tentang mata uang. (bas)