4 Menteri di Resuffle Karena Mengecewakan Saat Pandemi Covid-19

76

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Perombakan menteri kabinet akhirnya dilakukan oleh presiden Joko Widodo, Empat menteri dicopot dan ada beberapa nama baru untuk menggantikannya.

Sebenarnya sudah disinggung Presiden Jokowi sejak Juni lalu. Kala itu, Jokowi mengeluhkan kinerja anggota kabinet yang masih biasa-biasa saja di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Marah

Jokowi marah dalam Sidang Kabinet Paripurna pada Juni lalu. Dia menganggap masih ada menteri dan pimpinan lembaga negara yang tidak maksimal di tengah pandemi Covid-19.

“Saya harus ngomong apa adanya. Enggak ada progress yang signifikan, enggak ada,” kata Jokowi.

Dalam rapat itu, suara Jokowi beberapa kali terdengar meninggi. Ia juga mengancam akan melakukan reshuffle jika kinerja menteri dan lembaga masih biasa-biasa saja.

“Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle, sudah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi, kalau memang diperlukan,” kata Jokowi kala itu.

Sentil Anggaran

Jokowi sempat menyinggung penyerapan anggaran kesehatan yang masih cenderung minim. Dia menyayangkan hal itu karena saat ini virus corona masih mewabah.

Selain itu, Jokowi juga mengeluhkan bantuan terhadap UMKM yang masih belum maksimal. Padahal, banyak pelaku ekonomi yang babak belur dihajar pandemi virus corona dan butuh bantuan dari pemerintah.

“Saya berikan contoh, bidang kesehatan itu dianggarkan Rp75 triliun, itu baru keluar 1,53 persen, uang beredar di masyarakat ke-rem ke situ semua,” kata Jokowi Juni lalu.
Dua Menteri Ditangkap KPK

Belum habis masalah pengendalian pandemi Covid-19, Jokowi harus menghadapi kenyataan bahwa dua menterinya tersangkut kasus dugaan korupsi. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Edhy Prabowo tersangkut dugaan korupsi terkait izin ekspor benur atau bibit lobster. Sementara Juliari Batubara terbelit dugaan korupsi bantuan sosial Covid-19.

Jokowi tidak banyak bicara perihal tindakan dua menteri tersebut. Mantan Walikota Solo itu mengatakan akan menghormati proses hukum yang berjalan.

“Perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju: Jangan korupsi,” kata Jokowi awal Desember lalu.

Menkes Terawan ratas soal TBC bersama presiden, Selasa (21/7) Terawan Agus Putranto dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Kesehatan. Dia digantikan Budi Gunadi Sadikin (Muchlis-Biro Pers)

Enam Menteri Baru

Sejumlah masalah yang ada berujung pada kocok ulang atau reshuffle kabinet. Presiden Jokowi menunjuk sejumlah nama baru untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan.

Berikut nama-nama menteri baru yang ditunjuk Jokowi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Perdagangan M Luthfi
Menteri Sosial Tri Rismaharini
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono (cnn/bas)