2 Syarat Barito Putra Restui Bagus Kahfi ke FC Utrecht

80

Beritaindonesiasatu, Jakarta – CEO PS Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman menyebut ada dua syarat atau permintaan yang diajukan untuk melepas bintang Timnas Indonesia U-19, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri bergabung dengan FC Utrecht, klub sepak bola kasta tertinggi di kompetisi Belanda.

Hasnuryadi mengatakan sampai saat ini belum ada komunikasi antara Bagus denban Utrecht. Meski begitu, pernah ada pembicaraan sebelumnnya antara Barito Putera, PSSI dan pihak Garuda Select yang membahas soal masa depan Bagus.

“Bagus memang belum ada komunikasi dengan klub yang sekarang Bagus berlatih di sana, Utrecht. Tetapi memang sebelumnya kita ada pembicaraan yang difasilitasi oleh Sekjen PSSI antara saya, Sekjen PSSI dan Marshall [Masita] membicarakan masa depan Bagus,” kata Hasnur, Senin (2/11).

Pada prinsipnya, Hasnuryadi mengungkapkan, Barito Putera sangat setuju bahwa Bagus bisa main di luar negeri dan bisa mengharumkan nama sepak bola Indonesia. Akan tetapi, sebagai sebuah organisasi ada permintaan dari Barito Putera terkait Bagus.

Pertandingan antara timnas Indonesia U-19 melawan timnas Korea Utara U-19 pada laga babak kualifikasi grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu, 10 November 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).

“Pertama, kalau nanti Bagus bisa main di luar negeri, nanti pada saat dia tidak main di Eropa lagi dia kembali ke Barito Putera. Itu permintaan kami yang pertama.”

“Kedua, soal kompensasi. Itulah yang menjadi pembicaraan waktu itu karena masih terikat kontrak maka mereka menghubungi kami memohon-mohon untuk bisa mengeluarkan surat keluar karena surat ini sangat ditunggu oleh Ultrecht waktu itu,” ucap Hasnur.

Sebelumnya, ramai beredar bahwa Bagus Kahfi tengah menjalani latihan bersama Jong Utrecht, atau tim usia muda FC Utrecht beberapa waktu lalu. Kemudian hal itu langsung dikaitkan dengan rencana Bagus, striker asal Magelang berusia 18 tahun itu yang ingin berkarier di luar negeri.

Bagus saat ini masih berada di Eropa menjalani proses pemulihan cedera pergelangan kaki saat berlatih bersama Garuda Select awal tahun lalu. Ia sempat dua kali naik meja operasi dan melewat masa pemulihan selama empat bulan terakhir di Eropa.

Kondisi Bagus saat ini disebut sudah pulih meskipun dianggap belum 100 persen. Ia juga diprediksi bakal dipanggil Shin Tae Yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19 dalam persiapan menuju Piala DuniaU-20 2021 mendatang.(cnn/bas)