Libur Isra Miraj, 153 Ribu Mobil Tinggalkan Jabodetabek

25

Beritaindonesiasatu.com, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) menyatakan 153.985 ribu kendaraan meninggalkan Jabodetabek atau H-1 libur Isra Miraj 2021.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Angka itu naik 24,09 persen dibandingkan lalu lintas normal. Berdasarkan data tersebut, 72.408 kendaraan keluar meninggalkan Jakarta ke arah Timur dengan detail 39.172 melalui GT Cikampek Utama 1 dan 33.236 lainnya melalui GT Kalihurip Utama.

Kemudian, 47.460 kendaraan menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan tol Tangerang-Merak. Angka itu meningkat 6,62 persen dari lalin normal.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga mencatat 34.027 kendaraan menuju arah Selatan melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi atau naik sebesar 21,45 persen dari lalin normal.

Oleh sebab itu, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Tak hanya itu, pengguna jalan tol juga diminta tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di tempat istirahat (rest area), sambil mematuhi rambu-rambu.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah sebenarnya sudah mengimbau pekerja untuk menunda bepergian ke luar kota pada libur peringatan Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Kamis (11/3) dan Hari Suci Nyepi pada Minggu (14/3).

Imbauan itu diberikan untuk mendukung kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) demi mencegah penularan covid-19.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/5/HK.04/III/2021 tentang Himbauan Penundaan Bepergian Ke Luar Kota Bagi Pekerja/Buruh Selama Libur Hari Isra Miraj Nabi Muhammad saw. dan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1943.(cnn/bas)