13 Nakes di 4 Puskesmas Salatiga Terpapar Corona

91

Beritaindonesiasatu, Salatiga – Sebanyak 13 tenaga kesehatan di Kota Salatiga, Jawa Tengah, terpapar virus Corona atau COVID-19. Belasan tenaga kesehatan itu tersebar di empat puskesmas dan layanan kesehatan.

“Sebanyak 13 tenaga kesehatan dari empat puskesmas dan layanan kesehatan di Salatiga terkonfirmasi positif Corona,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah, saat dihubungi wartawan, Kamis (24/12/2020).

Ia menguraikan, tenaga kesehatan yang positif Corona berasal dari Puskesmas Sidorejo Kidul sebanyak enam orang. Lalu Puskesmas Cebongan empat orang, Puskesmas Kalicacing satu orang, dan petugas layanan public safety center (PSC) 119 dua orang.

Siti mengungkapkan belasan tenaga kesehatan itu kelelahan karena terus bekerja di masa pandemi Corona. Di antaranya melakukan tes swab hingga tracing pada kasus-kasus positif Corona di Kota Salatiga.

“Para petugas ini 24 jam bekerja, di antaranya PSC yang petugas selalu siap sedia saat ada kasus beserta ambulansnya,” jelasnya.

“Mereka setiap hari melakukan tes swab dan tracing. Sehingga mereka lelah dan kondisi badan drop, terkena COVID-19,” imbuh Siti.

Siti mengungkapkan puskesmas dan layanan kesehatan tetap buka melayani masyarakat, serta para tenaga kesehatan tersebut mendapatkan perawatan kesehatan hingga menjalani isolasi. Masyarakat diimbau terus patuhi protokol kesehatan.

“Kami mengimbau warga Salatiga mengaplikasikan protokol kesehatan untuk meringankan tugas para tenaga kesehatan,” jelasnya.(dtc/bas)